Manfaat Pijat Bayi

7 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Mulai Pijat Bayi

Bayi pertama kali belajar berkomunikasi lewat sentuhan orangtuanya. Maka, meskipun masih sangat kecil, bayi sudah bisa menikmati dan memaknai pijatan yang Anda berikan. Pijat bayi memang akhir-akhir jadi sebuah tren baru. Namun, pijat bayi tak hanya sekadar tren saja. Memijat si buah hati sudah terbukti mampu membawa berbagai manfaat bagi Anda dan bayi. Langsung saja simak beragam manfaat pijat bayi yang tak boleh terlewat berikut ini.

Manfaat pijat bayi

Saat ini sudah banyak jasa pijat bayi yang tersedia, terutama di kota-kota besar. Biasanya pijat bayi ditawarkan bersama dengan spa bayi. Akan tetapi, penelitian membuktikan bahwa sebaiknya orangtua bayi sendiri lah yang melakukan pijat. Jadi, Anda tak perlu membawa si buah hati ke tempat spa atau pijat bayi. Pasalnya, memijat si buah hati juga baik bagi Anda sendiri.

1. Membangun ikatan batin antara orangtua dan bayi

Sejak lahir, bayi Anda sudah belajar untuk mengenal Anda dan pasangan. Bayi yang baru lahir belum bisa mengenali orangtuanya lewat wajah, melainkan melalui suara dan sentuhan Anda. Maka, sentuhan Anda yang lembut dan mesra akan membantu bayi membangun kepercayaan dan perasaan yang positif tentang Anda. Ia pun akan merasa lebih nyaman dan tenang ketika bersama dengan Anda. Anda sendiri juga akan belajar untuk mengenal si buah hati lebih dekat lagi.
Saat memijatnya, Anda bisa mengamati berbagai ekspresinya, reaksinya terhadap sentuhan dan pijatan Anda, serta mempelajari apa yang disukai atau tidak disukai bayi Anda.

2. Membantu bayi lebih rileks

Jika bayi yang sedang menangis bisa dihibur hanya dengan pelukan atau dekapan Anda, bayangkan kalau Anda memijatnya selama beberapa menit. Memijat bayi akan melancarkan peredaran darahnya serta meningkatkan kadar hormon oksitosin. Hal ini akan membuatnya lebih rileks dan senang. Jika bayi Anda rewel dan mudah gelisah, pijat bayi bisa jadi solusinya. Memijat bayi juga bisa mengurangi rasa sakit atau tidak nyaman kalau bayi mengalami masalah pencernaan atau saat giginya mau tumbuh.

3. Bayi tidur lebih pulas

Karena tubuhnya rileks, bayi Anda akan lebih mudah tidur di malam hari. Dengan tidur yang nyenyak, si buah hati pun akan pulas semalaman, tanpa harus terbangun pukul 2 subuh dan menangis. Maka, kalau bayi Anda sering sekali terbangun di tengah malam dan menangis, Anda bisa mencoba memijatnya di sore hari. Dengan begitu, ketika sudah waktunya tidur bayi Anda sudah siap dan tidak rewel lagi.

4. Melatih kepekaan saraf dan indra peraba bayi

Lewat sentuhan yang lembut dan berirama, bayi akan menerima stimulasi yang positif bagi saraf dan indra perabanya yang belum sempurna. Ia akan belajar membedakan sentuhan mana yang tekanannya terlalu besar dan mana yang tepat. Pijatan Anda juga akan merangsang aktivitas saraf-saraf bayi sehingga berbagai saraf tersebut akan lebih cepat berkembang. Selain itu, otot-otot bayi juga akan jadi lebih fleksibel dan kuat.

5. Mendukung pertumbuhan otak bayi

Tanpa disadari, manfaat pijat bayi juga dirasakan oleh otak si buah hati. Pengalaman baru akan merangsang lahirnya sel-sel otak baru yang diperlukan bagi tumbuh dan kembang otaknya. Lewat pijat bayi, ia akan belajar berbagai hal baru. Mulai dari variasi sentuhan Anda, aroma dari minyak pijat, hingga komunikasi Anda dengannya. Stimulasi tersebut juga akan menghasilkan mielin, yaitu zat pada otak yang bertanggung jawab untuk mengatur impuls saraf yang berkaitan dengan kemampuan motorik dan sensoris.

6. Menambah kepercayaan diri orangtua

Banyak orangtua yang merasa kewalahan, takut, dan cemas berlebihan setelah kelahiran bayi. Memiliki buah hati memang merupakan pengalaman yang mendebarkan, tetapi juga penuh dengan kehangatan dan cinta. Dengan memijat bayi, Anda akan jadi lebih tenang dan percaya diri dalam menghadapi si buah hati. Pasalnya, kegiatan ini membantu Anda menyadari bahwa Anda bisa mengendalikan berbagai situasi yang muncul ketika bersama dengan bayi. Tak perlu lagi merasa kewalahan atau cemas ketika menghadapi bayi Anda.

7. Meredakan depresi pascamelahirkan

Untuk wanita yang mengalami depresi pascamelahirkan, manfaat pijat bayi baik bagi suasana hati dan pikiran Anda. Ketika memijat bayi, Anda juga akan merasa rileks. Hal ini memicu produksi hormon oksitosin yang membuat Anda merasa lebih positif. Berinteraksi dengan mesra bersama dengan si buah hati juga ampuh dalam memperbaiki suasana hati Anda. Jika selama ini orang yang menderita depresi pascamelahirkan hanya bisa melihat bayinya sebagai pemicu stres, menghabiskan waktu berkualitas bersama dengan pijat bayi akan membantu mengubah pola pikir tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Cara Mengatasi Kembung Berlebihan saat Hamil

8 Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASI